SELAMAT TAHUN BARU 2015: OBOR BERNYALA DALAM ZONA TUJUAN

Life is no brief candle for me. It is a sort of splendid torch which I have got hold of for the moment, and I want to make it burn as brightly as possible before handing it on to future generations. (George Bernard Shaw) (Robin S. Sharma, 1997).

Bagi George Bernard Shaw, hidup ini tidak seperti lilin yang pendek, yang suatu saat akan habis terbakar. Bagi dia hidup adalah semacam obor penerang yang sudah digenggamnya semasa hidupnya, dan ingin dijaganya agar terus bernyala seterang mungkin, sampai pada saatnya nanti diserahkan ke generasi mendatang.

Itu berarti masing-masing kita terus memegang obor kita, mengisinya dengan bahan bakar yang baik agar nyalanya tetap terang dan ceriah, sampai saatnya kita akan mengestafetkannya ke generasi berikutnya. Itulah obor kehidupan.

Tahun baru menjadi saat yang baik untuk mengamati kembali obor kehidupan kita. Apakah obor itu masih terang bernyala, ataukah sudah mulai redup bahkan terancam mati oleh angin kencang atau goncangan-goncangan yang berlebihan?

Tahun baru juga menjadi saat kita bersyukur bahwa obor kita masih bernyala, dan membangun niat dan upaya untuk membuatnya terus terang bernyala sampai saatnya nanti harus diserahkan kepada generasi berikutnya.

Tahun baru juga harus mendorong kita menjalankan kehidupan kita dalam zona tujuan dan bukan dalam zona pencapaian (Scott W. Ventrella, Me Inc., 2007). Maka saat ini harus menjadi saat kita menetapkan tujuan kita dan selalu berusaha untuk mengejar tujuan itu, dan bukan terlena dalam apa yang sudah dicapai, atau meratapi nasib yang kurang beruntung. Pencapaian kesuksesan adalah hal yang harus disyukuri dan bukan menjadi hal yang menghentikan langkah kita. Itu berarti zona pencapaian itu bukan menjadi zona kehidupan melainkan zona persinggahan. Begitu juga nasib buruk, musibah dan kegagalan adalah bukan zona kehidupan. Itu adalah zona pemelajaran bagi kita untuk bangkit dan bersemangat lagi memasuki lagi zona tujuan sebagai zona kehidupan kita.

Sebagian saudara-saudara kita sedang berkabung karena kehilangan sanak keluarga mereka dalam musibah pesawat AirAsia QZ 8501 di penghujung tahun ini. Semoga mereka dikuatkan untuk segera keluar dari zona ini dan kembali lagi menjalani hidup mereka dalam zona tujuan, dengan obor yang tetap bernyala.

Selamat Tahun Baru 1 Januari 2015. Semoga tahun baru memberi kekuatan bagi kita untuk tidak berlama-lama parkir dalam zona pencapaian, apa lagi dalam zona ratapan, melainkan segera memasuki zona tujuan yang menjadi zona kehidupan kita, terus melangkah pasti dalam ziarah kita dengan obor yang tetap dan semakin benderang.

Benyamin Molan

4 thoughts on “SELAMAT TAHUN BARU 2015: OBOR BERNYALA DALAM ZONA TUJUAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s