I LOVE YOU SUMIRAH

Maafkan aku Sum,
Aku tak kuat mengemban janjiku
Tak kuasa mewujudkan mimpiku
Lahir miskin, mati pasti tak lagi

Nyatanya Sum,
Aku tak mampu mengangkatmu
Dari dunia kemiskinan yang kelam
Lahir kita miskin,
Dan mati mungkin tetap saja

Jangankan memberimu makan
Harapannya saja pun
tak mampu aku hembuskan
Habis makan, makan habis
Siapa yang akan kasi makan kita besok?
Tuhan atau setan?
Wajar atau kesetanan?
Tergantung kalau tak mau bilang persetan

Membelimu perhiasan, apa lagi
Palsu, barang satu dua gram
Untuk menggemerlapkan jemarimu
Yang sudah kasar dan kapalan
Tergerus busa detergen
Dan liatnya celana levis kaum gedongan

Maafkan aku Sum
Jangan kan memberimu rumah kardusan
Mengontrak pun tak pernah kita tenang selonjoran
Dikejar juragan kontrakan galak
Lantaran terlalu kerap menunggak

Cuma herannya aku membatin
Ketika televisi pos hansip bilang
Ada koruptor yang rumahnya berlebih
Juga tiga, empat, lima, sepuluh mobil mewah
Buat para isteri simpanan

Mereka berdalih kawin sirih
Biar tersucikan dari dosa yang melirik
Dan berkiat mencuci uang
Mengusir busuknya aroma tak sedap
Pada hal kata pepatah
Uang itu tak berbau

Tetapi tetap saja orang bilang,
Uang itu berbau
Kalau melewati tangan setan
Bukankah berguru mereka pada setan?
Dan selalu sukses mencaplok sabetan?

Ahh, kalau begitu aku mau berdoa
Tuhan, ajarilah aku untuk menjadi mampu
Belajar dari dan berguru pada setan.
Karena setan sudah tobat di negeri ini
Neraka bukan lagi
Kini surga sudah jadi
Tempat bagi para setan dan koruptor

Tetapi,
Berita gembira buat Sum
Tetap saja tak pernah terwujud
Setan mensyaratkan modal belajar
Pada hal dengkul saja sudah tak bisa diajak

Ah Sum,
Di negeri ini ikut setan tak bisa
Ikut Tuhan pun tak jelas
Biarkan saja
Ikut saja diri kita sendiri
Mengalirlah
Pantha rei
Lantaran kita diciptakan Tuhan
Bukan setan
I love you Sum

Jakarta, 25 April, 2014

Leave a Reply

