KUDA PERKASA

Hari ini kita merayakan tahun baru Imlek, untuk memasuki tahun kuda. Selamat Hari Raya Imlek. Gong Xi Fat Cai. Da Ji, Da Li. Tentu saja pada tahun ini kita akan mengarahkan pandangan penuh harap menatap tahun shio kuda kayu ini. Banyak ramalan penuh harapan dan optimisme terus mengalir. Semoga tahun kuda kayu ini tidak menjadi terlalu kering dan mudah terbakar, tetapi juga tidak terlalu basah dan gampang terhanyut. Semoga sang kuda tetap menampilkan watak-watak yang teridentifikasi sebagai perkasa, modis, menyenangkan, cerdas, arogan, humor, energik, pandai bergaul.

Seorang teman mengirimkan pesan singkat bunyinya, “tahun ini kita semua naik kuda, biar tetap berdiri tegap.” Saya kira, kita bukannya naik kuda melainkan menjadi kuda, biar tetap berdiri dan tetap perkasa; tetap berdiri di saat makan, di saat bekerja, saat tidur, dan saat bercinta; baik di saat hujan maupun panas; baik di kala remaja maupun sudah mulai uzur.

Di tahun kuda ini kita akan menghadapi pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden. Di tahun ini juga kita akan menikmati turnamen akbar piala dunia sepak bola di Brazil. Kedua peristiwa ini tentu saja akan tampil dengan sumbangannya sendiri bagi pengalaman hidup kita nantinya. Yang jelas tahun ini penuh dengan pengalaman kalah dan menang. Tetapi tampaknya yang lebih matang menyiapkan diri untuk kalah dan menang adalah para pesepak bola. Semoga sepak bola memberi kita pelajaran dalam kesiapan untuk menerima kekalahan dan menyambut serta menselebrasikan kemenangan. Ada baiknya kita juga belajar dari kuda pacu, yang siap melakukan yang terbaik di arena pacuan, tanpa memikirkan untuk menang atau kalah. Manusia perlu belajar dari kuda, dan bukan sebaliknya, karena kuda memang tak akan pernah bisa belajar dari manusia.

Semoga di tahun kuda ini kita mendapatkan para pemimpin yang perkasa dan bertenaga kuda, dengan watak yang cerdas, tegas, sedikit arogan (tak apa-apa, yang penting tetap dalam koridor konstitusi), energik, tegas, tetapi humoris sehingga dapat mencairkan suasana.

Selamat datang Tahun Kuda.

Gong Xi Fat Cai. Da Ji Da Li.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s