REFLEKSI AKHIR TAHUN: FINIS CORONAT OPUS

Finis coronat opus, kata orang Latin. Akhir memahkotai karya. Atau kata orang Jerman, “Ende gut alles gut” Akhir baik, semuanya baik. Seorang ibu akan melupakan segala penderitaannya dalam proses persalinan, ketika bayinya lahir dengan selamat.  Wisuda adalah peristiwa membahagiakan yang memahkotai seluruh karya seorang mahasiswa. Promosi akan memahkotai seluruh jerih payah, jatuh bangun perjuangan yang ditempuh dalam membangun sebuah karir. Perjalanan yang melelahkan akan membahagiakan ketika berujung pada kebahagiaan.

Dalam konteks old and new, bisa dikatakan bahwa akhir tahun memahkotai seluruh hidup dan karya kita. Akhir bagus akan memahkotai seluruh karya kita, keluarga kita, usaha kita. Tetapi corona atau mahkota tidak hanya menjadi tanda untuk menengok ke belakang, melainkan juga menjadi simbol untuk menatap ke depan. Kebahagiaan akhir tahun sesungguhnya tidak hanya memahkotai seluruh pengalaman dan perjalanan kita sepanjang tahun, melainkan juga membenum kita untuk menjadi raja atas masa depan.

Mahkota di sini juga mencakup optimisme. Penelitian sudah menunjukkan bahwa otak manusia itu tidak kaku dan tegar melainkan lembut dan dapat dibentuk, dan karenanya dapat berubah, bahkan secara dramatis. Ini dapat dilakukan dengan mengubah lingkungan dan membentuk sikap (Eric Jensen, 2009). Dengan demikian sikap kita juga akan mempengaruhi otak kita. Atas dasar itu optimisme bisa menjadi mahkota yang membawa perubahan positif pada otak kita, dan pada gilirannya membangun sikap dan langkah kita.  

Dengan demikian corona atau mahkota tidak hanya menjadi tanda untuk menunjukkan kesuksesan di masa lalu melainkan juga menjadi pembenuman untuk tugas di masa mendatang. Dengan kata lain, mahkota yang kita kenakan merujuk pada tahun lama sebagai wilayah kekuasaan kita yang menjadi tempat kita berpijak, dan tahun baru akan menantang kita menatap ke depan untuk melangkah dan terus melangkah. Jangan parkir lama-lama pada tahun lama, segeralah melangkah lagi dengan kegembiraan dan semangat baru untuk jatuh bangun meraih mahkota berikutnya. Yang penting Ende gut alles gut. Akhir baik semuanya baik. Akhir yang optimis juga merupakan mahkota menuju kesuksesan di berbagai bidang.

Selamat Berpijak dan Selamat Melangkah buat semua visitors blog Molansio, dan terima kasih atas kunjungan serta comments dan responses-nya.

Benyamin Molan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s