PREDIKSI FINAL LIGA CHAMPIONS: BAYERN MÜNCHEN VS BORUSSIA DORTMUND

Minggu dini hari, 26 Mei 2013, kita akan menyaksikan pertarungan final Kejuaraan Liga Champions. Pertarungan sesama klub Jerman dari Bundes Liga kali ini memang baru pertama kali dalam sejarah, dan ironisnya sejarah itu justru terukir di stadion megah Wembley London, Inggris. Kita tahu dalam dunia sepak bola, Jerman dan Inggris selalu berseteru. Bahkan Jerman dianggap sebagai kerikil dalam sepatu bagi sepak bola Inggris. Ini terkesan dalam anekdot yang dikenal di Inggris. Ketika mendapat kabar bahwa Inggris menang dalam sebuah pertandingan penyisihan grup, orang Inggris mengatakan alhamdulilah. Ketika diberitakan bahwa lawan berikutnya adalah Jerman, orang Inggris mengatakan astagfirulah.

Kali ini yang bertarung di negeri asal sepak bola ini adalah dua kubu dari kerikil dalam sepatu: Bayern München versus Borussia Dortmund. Seperti biasa sebelum terjadi perjumpaan di lapangan, kedua kubu tak lepas dari perang urat syaraf, namun tampaknya tidak begitu seru. Yang lebih banyak sesumbar adalah kubu Bayern München yang kali ini sangat percaya diri dan bahkan sudah melakukan persiapan untuk selebrasi kejuaraannya. Tim yang dijuluki Die Roten ini dianggap sempurna bahkan tanpa kelemahan. Mereka bahkan tidak mampu melihat kelemahan mereka sendiri, saking begitu sempurnanya tim mereka kali ini. Thomas Müller bahkan mempersilahkan pihak Dortmud untuk melihat kelemahan mereka karena tidak melihatnya. Bayer München begitu percaya diri dan bakal tampil dengan kekuatan penuh, hal yang tidak pernah terjadi pada dua final sebelumnya tahun 2010 dan 2012. Namun ada kekhawatiran bahwa kepercayaan diri berlebihan ini bisa menjadi kelemahan. Dengan kata lain “tanpa kelemahan” ini bisa menjadi kelemahan bagi Bayern München. Ketidak-mampuan melihat kelemahan adalah juga bagian dari kelemahan. Di sinilah wilayah bagi munculnya kejutan-kejutan.

Semua penggemar sepak bola masih ingat apa yang terjadi pada piala Dunia 1974. Ketika itu Belanda dianggap sebagai tim sempurna tanpa cacat; tim yang pertama tampil dengan total football di bawah Rinus Michels dan bintangnya Johan Cruiff. Seluruh dunia sudah menyanjung Belanda sebagai juara dunia. Ternyata situasi ini memberi motivasi dan tekad yang kuat bagi Jerman untuk merebut perhatian dunia. Dan Jerman sukses melakukannya dan menampilkan nama-nama besar seperti si bomber Gerd Müller dan sang kaisar Beckenbauer. Begitu juga pada Piala Dunia 1982, Italia yang terseok-seok pada awal, justru pada akhirnya menumbangkan Jerman Barat di final dan menampilkan nama besar Paolo Rossi. Dalam Piala Eropa 2012, Jerman tampil apik di babak awal dan seluruh dunia menganggap Jermanlah juaranya. Ternyata Spanyol yang tampil terseok-seok pada awalnya, perlahan-lahan menjadi kokoh dan menumbangkan Jerman yang boleh dikatakan tanpa kelemahan.

Juga tidak jauh dari dunia sepak bola di sekitar kita, hal serupa tampaknya terjadi. Persipura yang sekarang memimpin klasemen sementara ISL selalu tampil gagah melawan tim-tim tangguh, tetapi nyaris tidak berbuat banyak ketika melawan tim-tim yang berada di klasemen bawah seperti Persegres, BPR. Pada pertandingan terakhir Persipura malah nyaris dipecundang Pelita Bandung Raya, di kandangnya sendiri. Pada hal dalam daftar klasemen sementara Persipura menempati peringkat 1 sementara PBR berada di peringkat 13.

Di pihak lain Borussia Dortmund seperti tak banyak bicara. Mereka mengetahui persis kelemahan-kelemahan mereka ketika beberapa pemain tangguhnya seperti play maker Mario Götze yang tidak akan diturunkan, dan juga dua jangkar di lini belakang Lukasz Pisczek serta Mats Hummels yang masih diragukan kebugarannya. Tetapi dengan mengetahui secara persis kelemahan-kelamahan ini, Jürgen Klopp pasti mengetahui apa yang harus dilakukannya.

Prediksi saya untuk pertandingan seru ini adalah 2-1 untuk Borussia Dortmund. Selamat Menyaksikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s