25 TAHUN PROFESI MEMBIARA

Selamat dan Proficiat

Pada hari Minggu, 29 Januari 2012 yang lalu, Suster Maria Dominica SFS, asal Hoeq-Leaq, Kedang Lembata, NTT dan Suster Maria Stephani SFS, asal Jerebuu, Bajawa, Flores NTT, merayakan Pesta Perak (25 tahun) Profesi Membiara. Selamat dan Proficiat!

Perayaan yang diselenggarakan di Sragen (tempat kedua suster itu bertugas) oleh suster-suster Santo Fransiskus Sukabumi ini, berlangsung akrab dan meriah. Spirit “Setia karena Tuhan mencintaiku” telah diwartakan dengan baik melalui kehidupan membiara yang dijalani dengan setia selama 25 tahun.

Drum band mengarak kesetiaan

Mgr. J. Pujasumarta, Uskup Keuskupan Agung Semarang, ikut hadir memimpin Perayaan Misa yang berlangsung di gereja Santa Maria Fatima Sragen. Terlambat tiba di tempat perayaan, bapak uskup memohon maaf karena “lupa bahwa tidak punya sayap.” Tetapi tidak apa-apa. Ini menjadi kesempatan para suster dan umat menunjukkan kesetiaannya menunggu. Perayaan yang baru berlangsung pukul 12.00 siang itu, tetap hikmat dan khusyuk. Koor tetap mengalun lembut bergantian dinamis. Bacaan-bacaan yang dibacakan serta khotbah yang disampaikan pada perayaan itu pun berbicara tentang kesetiaan. Ulangan 18: 15-20, menuntut kesetiaan kita untuk mewartakan apa yang difirmankan Tuhan, tanpa memalsukannya. 1 Korintus 1:4-9, mewartakan dengan jelas bahwa “Allah yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan anakNya, Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.” Markus 1: 21-28 menegaskan, kepada siapa kita setia, “Yang Kudus dari Allah”, bahkan dengan menggunakan pengakuan dari bibir setan yang diusir Yesus. “Apa urusanMu dengan kami hai Yesus orang Nazareth? Engkau datang hendak membinasakan kami. Aku tahu siapa Engkau. Yang Kudus dari Allah.”

Setelah Misa, diadakan perarakan menuju aula, tempat resepsi berlangsung, diringi dentuman drumb-band yang gemuruh dari siswa-siswi SD Santo Fransiskus Sragen. Di aula ada jamuan santap  siang, dan acara-acara hiburan  yang hangat dan penuh keakraban. Para siswa, umat, para romo dan suster, serta keluarga ikut menyemarakkan acara ini dengan lagu-lagu, puisi, tarian dan humor-humor yang cerdas.

Sebagian dari rombongan keluarga

Dukungan dari pihak keluarga pun diwujudkan dengan kehadiran keluarga Suster Dominica dan Suster Stephani yang datang dari kampung halaman. Tak kalah merepotkan para suster di Sragen adalah kaum keluarga yang datang dari  Jakarta: Cibinong, Pondok Labu, Cakung, Tangerang; juga dari Surabaya dan Madura. Tetapi sepertinya suster-suster lebih melihat dukungan daripada kerepotannya. Terima kasih suster.

Semoga semakin banyak puteri-puteri lagi terpanggil untuk bergabung dengan komunitas Suster-suster SFS khususnya dari Lembata dan Flores.

Benyamin Molan Amuntoda

4 thoughts on “25 TAHUN PROFESI MEMBIARA

  1. Suster Maria Dominika dan Rekan ! Perkenankanlah saya atas nama keluarga besar Kedang di Makassar mengucapkan Selamat dan Sukses atas Perayaan Pesta Perak dalam Usia Membiara selama 25 tahun. Tidak ada kata yang paling indah yang ingin kami ucapkan, tapi hanya ada kata-kata yang sangat populer pingin kami sampaikan yaitu “Syukur atas Rahmat dan Berkat Tuhan” yang telah memberikan tempat dan kesempatan kepada anda dan rekan-rekan untuk berkarya dalam tugas pelayanannya.Semoga umur panjang dalam tugas dan pelayannya. Tuhan memberkati karya dan misi anda. Oleh Lukas Leu Apeworen alamat Univrsitas Atma Jaya Makassar. Website http://www.lukasleu.yahoo.ac.id – Email :lukasleu@yahoo.ac.id.

  2. Terima kasih banyak atas segala bentuk dukungan yang diberikan kepada kami berdua. Teman seangkatan saya Sr Stephani dari Jerebuu Bajawa, kami berdua bertugas di Sragen, Jawa Tengah. Hanya ucapan matur suwun artinya terima kasih banyak kepada seluruh keluarga dan kenalan serta saudara ku semua di mana saja berada yang telah mendukung kami. Bila ada calon yang berminat hubungi saja kami heheheheeeeeeee. Doa kami berdua untuk Anda semuanya. GBU all

  3. Terima kasih Suster mudah-mudahan kalau ada anak-anak kita yang ingin membiara, saya akan memberikan informasi kepada Suster moga moga lewat keberhasilan Suster dapat memberikan perhatian kepada generasi muda kita untuk turut mengambil bagian dalam mmperjuangkan misi pelayanan Tuhan lewat Tarekat yang saat ini dijalani oleh suster. Terimaksih Tuhan memberkati kita semua dalam misi pelayanan kita masing-masing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s