DIRGAHAYU (DUKA LAYU?) NEGERIKU!

Seharusnya terucap dirgahayu

Malah keceplos jadi duka layu

Maaf tak sengaja salah jalur

Lapsus linguae mungkin telah meluncur

Ataukah suara kesejatian bersahaja

Yang telah menyeruak tak terpedaya

dari id atau super-ego yang bersendawa

 

Lirih aku menatapmu enggan

Kau tampak kusam di usia enam-enam

Sedihkah engkau?

Sakit? Geramkah?

Tak berdayakah dikau?

 

Kemerdekaan yang kauperjuangkan dengan gagah berani

Kini jadi jauh panggang dari api

Memang merdeka sudah kami dari penjajah

Tapi tak merdeka sesungguhnya dari menjajah

 

Penjajah sudah kau usir dengan hati penuh luka

Tetapi menjajah kami sambut  dengan hati yang terbuka

Penjajah sudah kau singkirkan dengan semangat bambu runcing

Tetapi menjajah kami sambut dengan serakah dan senyum tersungging

Sinis, mencibir, dengan rasa bersalah terpungkir

Penuh rasa bangga lantaran telah sukses menjadi pecundang

 

Negeri ini telah menjadi negeri yang muram

Tak ada lagi nyanyian lantang terdendang

Tertinggal cuma derap sepatu pembumkam

Lalu

 

Suara-suara merdeka yang tulus dan populis

pendendang keadilan menuju lurus dan etis

kini malah dibekap dengan kesaktian  elitis

Di balik hukum yang bisa dikedip

 

Benyamin Molan

4 thoughts on “DIRGAHAYU (DUKA LAYU?) NEGERIKU!

  1. Saudaraku Bnyamin…! saat ini Bupati kita adalah etnis Cina, tapi hari ini juga saya yakin bahwa Lembata Akan Tersenyum melalui Program Kerja Bapak Bupati kita. saya melihat diwajah Bapak Bupati (Pa’ Yance) ada harapan yang akan kita raih melalui kepemimpinan beliau. di Roman muka beliau sudah menunjukan harapan bagi kemajuan Lembata yang kita cintai… mari kita semua mendukung beliau karena dia pasti bisa,,, Bapak Yance adalah sosok pemimpin yang gigih, berani dan selalu siap untuk merubah Lembata menjadi Lembata Metropolitan.,, ingatlah apa yang hari ini saya tulis akan menjadi bukti bagi Lewo tanah. Mari kita mendukung beliau dalam setiap program yang dikerjakannya. Janganlah kita mencoba untuk menjatuhkan beliau karena dimata beliau ada harapan bagi masa depan Lembata yang kita cintai. terima kasih kepada saudara2ku yang memiliki ide dan pandangan yang sama seperti saya.

    Lukas Leu Apeworen
    Kepala Tata Usaha Fakultas Hukum
    Universitas Atma Jaya Makassar

    • Terima kasih amo Lukas. Bupati terpilih adalah bupati untuk semua. Pemilihan hanyalah proses untuk menentukan siapa yang jadi bupati. Bupati dari negeri mana pun tidak jadi masalah. Kita dukung. Yang penting berhati Lembata dan mensejahterakan rakyat Lembata.
      Salam.

  2. Bapak Benyamin yang terkasih, setelah membaca imel Bapak saya, saya sangat gembira. Saya berharap agar lewat imel molansio kita bisa bertukar pendapat khususnya leu auq tee, semoga lewat molan sio kita bisa memberikan masukan terutama sumbang pikiran demi kemajuan leu au tee. dan juga setelah saya membuka website molansio ternyata saya melihat ada tarian kebudayaan uyelewun yang diprakasai oleh SMP Lolon Dolor, begitu bangganya saya setelah melihat begitu hebatnya anak-anak kita, mereka telah meraih prstasi baik tingkat Daerahmaupun tingkat nasional. Oleh karena itu harapan kita semoga lewat perjuangan mereka leu auq tee terlibat lewat kebudayaan ini sehingga aset yang diperjuangkan oleh leu auq adalah kebudayaan kedang. Semoga lewat kebudayan Uyelewun Leuwayan menjadi jaya. Mari kita dukung mereka.
    Akhirnya saya atas nama Kerukunan Kluarga Uye Lewun di Makassar Selamat berbahagia semoga molasio tetap mengangkasa demi tercpainya komunikasi kita lewat media caetak. Trims…. akhirnya Tuhan selalu Berkarya lewat usaha dan karya kita

    • Terima kasih amo Lukas Leu Apeworen. Saya sengaja membuka blog ini karena saya anggap ini merupakan sarana bebas hambatan untuk menyampaikan ide-ide yang mungkin ada manfaatnya bagi banyak orang, terutama dari dn bagi area yang tak pernah terjamah media karena tak punya sarana. Maka ajakan untuk bertukar pendapat, menawarkan ide-ide yang bagus melalui sarana ini, saya sambut dengan senang hati. Salam.

Leave a Reply

