NARASI PASKAH : SELEBRASI MARTABAT MANUSIA

Bagi orang Katolik Paskah adalah perayaan iman yang paling pokok. Paskah menjadi kaca mata utama untuk melihat seluruh keyakinan iman pada Tuhan, sambil menyaksikan betapa martabat manusia dihargai oleh Tuhan. Karena menghargai manusia, maka Dia mengambil rupa manusia. Bahkan tetap mempertahankannya ketika kemanusiaan direndahkan sampai menjadi setara dengan hamba (Fil. 2:1-11). Artinya manusia pada tingkat yang paling hina sekalipun tidak kehilangan martabatnya sebagai manusia.

Maka merendahkan martabat manusia demi kepentingan yang paling luhur, atas nama kebesaran dan kemuliaan Tuhan, bahkan sampai menghilangkan nyawa manusia demi keluhuran Tuhan, sebenarnya tidak dinarasikan dalam peristiwa Paskah. Tuhan saja begitu meninggikan martabat manusia, mengapa manusia justru saling merendahkan?

Maka Paskah adalah peristiwa bangkitnya keluhuran dan martabat manusia. Marilah kita rayakan keluhuran martabat manusia itu bukan sebatas upacara-upacara saja melainkan dalam praktik kehidupan kita sehari-hari termasuk martabat manusia dalam diri kita sendiri. Apakah kita menghargai martabat manusia dalam keluarga, suami/isteri, anak-anak/orang tua? Apakah kita menghargai martabat manusia dalam lingkungan pergaulan masyarakat, di tempat kerja, di tempat-tempat umum? Apakah kita menghargai martabat manusia dalam diri kita sendiri dengan tidak merusaknya melalui tindakan dan perilaku tidak sehat secara rohani maupun jasmani? Apakah kita menghargai martabat manusia dengan tidak membangun sikap permusuhan dan saling tidak menghargai? Apakah kita menghargai martabat manusia dalam diri kita dengan tidak mengkonsumsi, dan hanyut dalam kenikmatan-kenikmatan yang tidak sehat secara rohani maupun jasmani?

Paskah adalah kebangkitan martabat manusia. Anda manusia, saya manusia. Kita punya martabat yang luhur dan mulia. Jangan kita saling menguburkan. Mari kita saling membangkitkan dan Tuhan akan merestui niat baik dan usaha kita dengan rahmat dan kuasaNya.

Fùhuójié kuàilè
Frohe Ostern

Happy Easter
Zalig Pasen
Buona Pasqua
Sugeng Paskah

Selamat Paskah

Benyamin Molan Amuntoda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s