PILKADA LEMBATA: MENGHITUNG HARI

Itulah lagu yang cocok untuk didendangkan bagi kesebelas pasangan balon bupati dan wakil bupati pemilu kada Lembata 2011. Mereka menunggu saat-saat penting. Saat ketika balon entah akan meledak dan membuat hati jadi kacau, ataukah bermetamorfosa menjadi calon, dan membuat hati masih boleh berkicau.

Dari perkembangan berita yang beredar, kita menemukan status dan kondisi bahwa ada beberapa pasangan sudah pernah mendapat sempritan dari KPUD Lembata. Paket Petani (Petrus Tawa Langodai dan Achmad Bumi) sudah paling awal disemprit, dan kini disemprit lagi soal SK ganda dari partai pendukung. Yang juga sudah terkena sempritan adalah dua paket independen yakni Kasih ( Lukas Witak- Muhidin Ishak) dan Tite Hena (Gabriel Tobi sona dan Gerardi Tukan). Paket lain yang juga ikut-ikutan tersenggol karena memegang SK ganda bersama paket Petani adalah Paket Firman. Sementara itu Paket Papa Nimun juga mengalami gendala, yang membuat calon wakil bupatinya Paulus Mujeng mengundurkan diri. Paulus Doni Ruing terpaksa menggandeng wakil baru (Yohanes Kia Poli Yunior).

Bagaimana dengan paket lainnya? Yang tampaknya tak banyak gejolak adalah paket Sinar (Sius Amuntoda dan Bernadus Boli Hipir), Titen (Herman Wutun dan Viktus Murin), Lembata Baru (Eliaser Y. Sunur dan Viktor Mado Watun), Jhonson (Yohanes Lake dan Simon Krova), Ayo (Andreas Nula Liliweri dan Yoseph Meran Lagaor), serta LiRik Kusplus (Philipus Bediona dan Fredy Wahon).

Mudah-mudahan tidak banyak balon yang meledak, biar pemilu kada Lembata bisa berjalan lebih semarak dengan tingkat partisipasi yang memadai dalam persaingan yang sehat dan berimbang. Yang penting semua calon siap kalah. Sebab bagaimana pun juga hanya satu yang akan menang dan lainnya kalah. Berarti lebih banyak yang bakal kalah daripada yang bakal menang. Dengan kata lain dari 11 pasangan balon sepuluh akan gagal dan cuma satu yang akan sukses.  Maka lebih realistis kalau kesebelas pasangan itu siap kalah dan menyerahkan kemenangan kepada Lembata, melalui prosedur yang etis, fair, dan bermartabat. Kemenangan Lembata adalah kemenangan kita semua. Jika tidak, maka hanya satu yang akan menang dan sepuluh akan kalah bersama seluruh rakyat Lembata. Kita harap semua pihak yang terkait dengan penyelengaraan pemilu kada ini, bekerja jujur dan tulus untuk kepentingan dan kemenangan Lembata. Semoga Tuhan, lewotanah, dan leluhur merestui kita.

Benyamin Molan Amuntoda

 

3 thoughts on “PILKADA LEMBATA: MENGHITUNG HARI

  1. kebiasaan buruk sebuah politik adalah saling serang dan mencari keborokan…masing2 balon…. apalagi politik yang ditanam di lembata… karena rakyat lembata miskin di beri beras raskin yang di cuci sampai 5 kalai baru enak di masak makan. setelah menang datang ke kota batam cari perempuan di batam…..

    • Kasihan si miskin, cuma mendengarkan para narsis menyanjung diri dan membeberkan borok-borok lawannya, dapat raskin, untuk kemudian dilupakan.

  2. Tidak usah merendahkan diri dengan keadaan Lewo Tanah kita kemiskinan kita bukan karena kita malas tetapi sumber daya kita (SDM dan SDA) yang tidak mendukung, oleh karena itu jangan berkata tentang miskin tetapi berpikirlah bagaimana agar kemiskinan itu bisa ditinggalkan di Negeri kita khususnya Lembata yang kita cintai ini. sampaikanlah aspirasimu kepada Bapak Bupati yang kita cintai ini agar lewat gagasan atupun program2 yang dicanangkan dapat memberikan kemajuan bagi Lewo Tanah kita khususnya Leuwayang yang kita cintai. berikanlah aspirasi anda kepada Pemimpin kita yang kita andalkan yaitu lewat Anggota DPR, lewab Bupati, supaya mereka bisa fokus untuk mensukseskan program kerja mereka. semoga lewat masukan serta harapan kita lewat medya lektronik dapat memberikan masukan kepada Bupati kita yang kita cintai. Tuhan Berkarya Lewat Pemimpin kita semoga karya mereka sukses selalu demi Lembata yang kita cintai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s