PREDIKSI PARTAI KANDANG INDONESIA VS FILIPINA

AWAS ROH EROPA

Filipina tampil luar biasa dalam partai kandangnya melawan tim Garuda di Stadion Bung Karno, 16 Desember 2010 lalu. Tentu saja Indonesia juga tampil lebih luar biasa lagi, karena sanggup menjinakkan mereka. Tetapi tim Garuda harus ekstra hati-hati. Sekurang-kurangnya, tim Garuda harus mempertahankan kekuatannya seperti dalam partai tandang (pertama). Dalam pertemuan pertama, kedua tim telah tampil seimbang, serang-menyerang, dengan pertunjukan lini pertahanan yang benar-benar berkelas. Cuma saja Indonesia lebih beruntung. Blunder penjaga gawang Filipina menghasilkan gol bagi Indonesia, sementara blunder Markus, penjaga gawang Indonesia, masih terselamatkan. Zulkifli Syukur, yang cepat-cepat bersiaga di mulut gawang, berhasil menyundul bola keluar melewati bagian atas mistar gawang. Pada hal bola itu sedang menuju gawang yang melompong ditinggal Markus. Syukur Zulkifli.

Sekarang, yang jadi persoalan adalah siapa yang lebih mengalami kemajuan dalam pertandingan berikut. Sebagai tim, Filipina masih kurang kompak. Tetapi rata-rata mereka memiliki skill individu kelas Eropa. Kekompakan sebagai tim selalu berjalan seiring dengan jalannya pertandingan. Semakin banyak bertandingan, semakin kompak timnya. Itu berarti Filipina semakin hari akan semakin menunjukkan peningkatan timnya, sejalan dengan semakin banyaknya pertandingan yang mereka lakukan. Tentu saja itu juga terjadi pada pertandingan tandang dan kandang mereka melawan Garuda. Persoalannya adalah siapa yang lebih mampu memetik kemajuan melalui frekuensi pertandingan. Tim yang mampu meningkatkan diri melalui frekuensi pertandingan, dia yang akan menang.

Selain itu, setelah mengamati pertandingan tim Garuda melawan Filipina, harus diakui bahwa roh yang berada di belakang tim ini sebenarnya bukan roh Filipina, melainkan roh Eropa (baca sartikel sebelumya tentang roh dan eros). Sembilan dari sebelas pemainnya yang adalah pemain naturalisasi, telah menampilkan roh itu. Bahkan penonton sepertinya justru ikut berkontribusi pada roh itu, karena ikut membuat para pemain Filipina merasa seperti main dalam riuh rendahnya sepak bola liga Eropa terutama Inggris. Ini sepertinya menimbullkan rasa exiting tersendiri dan menyumbang energi bagi mereka.

Dengan roh Eropa, dan kemajuan dari frekuensi pertandingan, Filipina akan menampilkan perlawanan yang bermutu. Pertandingan pada hari Minggu 19 Desember nanti, akan menjadi the real final, karena, kalau tim Garuda lolos , maka tim yang dihadapi di final, Malaysia atau Vietnam, tampaknya sedikit berada di bawah Filipina. Prediksi saya, pertandingan akan seri dengan skor 1-1.

Situasi seperti ini pun sering kita alami dalam bola kehidupan yakni menghadapi tantangan besar dengan beban yang luar biasa. Yang jelas, tantangan atau situasi berat itu akan datang, dan tak bisa dihindari. Maka hadapilah dengan tenang dan siaga, persiapkan diri secara matang dengan mengerahkan segala kemampuan yang ada. Yang jelas semuanya akan lewat. Mudah-mudahan sikap itu akan membuat kita menjadi tenang, dan memampukan kita melewati saat-saat yang penuh tantangan itu dengan lebih siaga dan sukses. Do your best and God does the rest. Lakukan yang terbaik, dan selanjutnya serahkan pada Tuhan.

Benyamin Molan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s