TERSANJUNG AKHIRNYA KESANDUNG

Jerman yang tersanjung akhirnya tersandung di tangan Spanyol. Banyak prediksi jadi terjungkir balik. Termasuk prediksi saya. Parah. Ternyata duet senior dan yunior Klose dan Muller sangat padu. Begitu kehilangan salah satunya, Jerman pincang. Ketika melawan Serbia dan Ghana, Klose terkena kartu merah dan tidak bermain, Jerman timpang. Ketika melawan Spanyol, Muller tidak turun akibat akumulasi kartu kuning, Jerman mandul. Ketika keduanya turun bersama (melawan Australia, Inggris, Argentina), Jerman menciptakan hujan gol. Ternyata Jerman juga masih memiliki ketergantungan. Pantas kalau Spanyol lebih padu. Dan kepaduan itu ternyata penting bagi Spanyol sehingga begitu Pedro menunjukkan gejala ego individualnya untuk mencetak gol —pada hal peluang sangat besar terjadi gol seandainya dia mengoper bola itu— dia langsung ditarik sang pelatih.

Ternyata sepuh Aragones benar. Keraguannya perlahan pupus bersama dengan semakin meningkatnya suhu pertandingan Spanyol. Saat Spanyol sedang menuju klimaks, Jerman sedang antiklimaks. Jerman tampil tanpa jiwa. Sepertinya beban kartu kuning yang sudah dikantongi beberapa pemain ikut membuat Jerman tidak leluasa bergerak. Schweinsteiger yang sangat garang, tampil terlalu hati-hati, karena kartu kuning dalam pertandingan itu akan membuat dia tidak akan tampil di final, seandainya Jerman memenangkan pertandingan.

Namun, yang jelas Piala Dunia di Afrika Selatan akan mengukir sejarah baru. Bakal tampil juara baru nantinya: Belanda atau Spanyol. Keduanya belum pernah menjadi juara dunia. Siapa pun yang menang akan menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s