PREDIKSI JERMAN VS SPANYOL

Belanda telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, walaupun saat-saat akhirnya cukup mendebarkan sekaligus mencemaskan. Ternyata Uruguay memberikan perlawanan yang tangguh, walaupun tanpa Soarez. Belanda akhirnya mendapatkan tiket ke final. Siapa yang akan jadi lawannya? Jerman atau Spanyol?

Pertandingan Jerman melawan Spanyol adalah ulangan final Piala Eropa 2008. Waktu itu Spanyol menekuk Jerman dengan skor 1-0, dan meraih Piala Eropa. Jerman pasti ingin membalas kekalahan itu. Akankah Spanyol mengulang sejarah ini? Aragones sang pelatih Spanyol di Piala Eropa, sempat meragukan penampilan Spanyol ketika melawan Portugal. Tetapi sekarang tampaknya dia optimis. Menurut pengamatannya Spanyol sedang menanjak dan akan mencapai puncaknya pada final. Torres perlahan-lahan mulai menemukan kembali kemampuannya untuk mencetak gol. David Villa adalah top-scorer sekarang dengan 5 gol. Gerard Pique dengan julukan “Piquenbauer”, merujuk pada libero legendaris Jerman Franz Beckenbauer, sudah berbuat banyak untuk mensejajarkan dirinya dengan sang kaisar. Joachim Loew pun mengakui kehebatan Spanyol. “Mereka tidak punya seorang Messi, tetapi beberapa. Mereka juga jarang melakukan kesalahan seperti Inggris dan Argentina, maka kami akan mendorong mereka melakukan kesalahan.”

Namun, bola itu bundar, dan untuk bisa mengendalikannya perlu tim, bukan individu. Dan Jerman memilikinya. Jerman sekarang sangat berbeda dari Jerman tahun 2008. Iniesta menyadari itu. Lukas Podolski sendiri mengakui bahwa tim Jerman sekarang adalah yang terbaik selama dia menjadi pemain. Mereka bukan hanya padu dalam menguasai dan mengawal bola, tetapi juga dalam merebut bola dan melakukan penyerangan. Mereka dapat melakukan itu tanpa kesalahan. Salah satu gol cerdas yang memaksa Inggris melakukan kesalahan adalah ketika Schweinsteiger menggiring bola justru ke tengah kerumunan pemain Inggris agar mereka terkonsentrasi di sana, baru dia mengirimkannya ke sayap kiri yang tak terkawal, untuk selanjutnya dari sana umpan disajikan, dan Muller menyelesaikannya dengan sempurna.

Spanyol harus benar-benar kerja keras. Jika tidak, Iker Casillas sang penjaga gawang handal sekaligus kapten itu harus, 4 kali memungut bola dari jaring gawangnya, kalau angka keramat itu kembali berbicara.

Berdasarkan prinsip bola bundar maka harus dikendalikan oleh tim, saya memprediksikan, Jerman akan menjadi pemenang dan berhadapan dengan Belanda di final. Itu berarti sejarah pun berulang. Final Piala Dunia 1974 yang sangat dramatis itu akan kembali jadi topik pembicaraan. Skor 4-2 untuk Jerman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s