PREDIKSI SPANYOL VS PORTUGAL DAN JEPANG VS PARAGUAY

Mainkan bola kehidupan tanpa rasa iri

Dalam bola kehidupan, tetangga sering gampang menimbulkan rasa iri, terutama kalau tetangga berpenampilan serba lebih, lebih keren, lebih sukses, lebih kaya. Tetapi ini tidak terlalu tampak pada kedua negara bertetangga, Spanyol dan Portugal. Keduanya akan bertemu dalam pertandingan besar tingkat dunia, saling menyingkirkan untuk terus mendapat tempat di arena Piala Dunia. Keduanya malah saling mengakui, saling memberikan respek, bahkan tidak ada bahasa ganyang-mengganyang. Komentar seorang fans Portugal pada Fifa.com menunjukkan atmosfir itu. Dia menyesal harus ketemu Spanyol pada hal baru saja bertanding melawan saudaranya yang lain, Brazil. Dia mengakui Spanyol punya catatan sejarah sepak bola yang lebih baik dan adalah juara Eropa, tetapi dia bangga menjadi orang Portugal dan respek terhadap Spanyol, dan akan terus mendukung Portugal. “Congratulations to Spain, who are the reigning European champions and difficult opponents for anybody! We’ve just played against one brother in Brazil and now we’re up against another. Spain have got a comfortably better historical record, though things have been more even recently! I’m very proud to be Portuguese and I have a lot of regard and respect for Spain. Let the best team win. Come on Os Navegadores! We’ll support you to the end!” Canhirix, FIFA.com user (Portugal).

Sayang bahwa kedua negara bertetangga ini sudah harus beradu di arena Piala Dunia, dan salah satunya harus pulang kampung terlebih dahulu. Spanyol, juara Eropa 2008, tiba di Afrika Selatan sebagai favorit kuat untuk juara bersama dengan Brazil. Tim matador ini sempat dikejutkan dengan kekalahan 1-0 melawan Swiss. Kekalahan itu sempat membangkitkan mereka dan memenangkan dua pertandingan sisanya dalam grup dengan skor 2-1 melawan Chili dan 2-0 melawan Honduras, walaupun orang mengharapkan skor yang lebih meyakinkan.

Sementara Portugal lebih meyakinkan. Dua kali seri melawan Pantai Gading dan Brazil tanpa gol, dan sekali menang melawan Korea Utara dengan skor meykainkan 7-0. Selama ini gawang Portugal belum sekalipun kebobolan.
Kedua tim akan tampil hampir dengan kekuatan penuh, walaupun Spanyol akan turun tanpa pemain tengah Xabi Alonso dan gelandang Raul Albiol. Sementara Portugal akan menurunkan Deco dan menarik pemain berbakat Ruben Amorim.

Kedua tim sudah bertemu tidak kurang dari 32 kali, dengan Spanyol lebih banyak memenangkan pertarungan dan cukup banyak seri. Tetapi dalam pertemuan ini tampaknya Portugal lebih berpeluang. Pelatih Spanyol Vicente del Bosque tampak merendah. Dia mengakui bahwa Portugal adalah tim yang kuat yang belum kebobolan. Dia akan menghadapi pertandingan yang berat. Mereka solid dan tidak sekadar kumpulan individu; punya pertahanan yang kokoh dan mampu melakukan serangan balik yang cepat. Hanya tim terbaik yang akan bertahan.

Sementara pelatih Portugal lebih percaya diri. Dia menyatakan siap untuk menghadapi siapa saja. Timnya pernah memainkan pertandingan-pertandingan yang kritis dan siap untuk memberikan segala yang dimiliki dengan satu tujuan: bertahan di Piala Dunia. Skor akan menjadi 3-1 untuk Portugal.

JEPANG VS PARAGUAY

Sejarah akan tercipta, apapun hasil pertandingan antara Jepang dan Paraguay di Pretoria. Yang menang akan ke perempat final untuk pertama kalinya. Dari segi peringkat Paraguay adalah juara grupnya, sedang Jepang adalah runner up dalam grupnya. Tetapi dari segi nilai, Jepang mengumpulkan nilai 6 sedangkan Paraguay 5. Tetapi Paraguay punya kehebatan menaklukkan Slovakia sang penakluk juara bertahan Italia. Tetapi memperhatikan keseluruhan penampilan mereka, Jepang lebih stabil. Jepang akan unggul dengan skor 2-1, dengan tambahan waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s