PORTUGAL VS KOREA UTARA

Semakin Terkenal Semakin Terkendali

Mantan striker legendaris Korea Utara yang turut bermain di Piala Dunia Inggeris tahun 1966, Pak Tu-Ik, merasa puas dengan penampilan timnya, ketika melawan Brazil. Walaupun kalah, mereka telah kalah terhormat. Kalah tipis. Bahkan mereka bisa membobol gawang tim langganan Piala Dunia itu. Dia mengaku tak pernah bermimpi akan menyaksikan hari seperti ini. Kejutan besar. Timnya telah menunjukkan koordinasi yang ketat, keterampilan tingkat tinggi dan kerja tim yang baik. Bahkan mernurut dia skor 2-1 melawan Brazil itu menunjukkan kekuatan timnya. Dunia terkejut. “Banyak negara lebih mengenal kami kembali,” Tentu saja kemampuan untuk menekuk Portugal akan menjadi berita besar yang bakalan membuat Korea Utara semakin dikenal.

Semakin dikenal itu penting. Semakin kita dikenal, semakin orang akan memperhitungkan kita karena kita punya nilai yang dihargai. Kita semakin mendapat respek dan penghargaan karena hal-hal besar yang sudah kita lakukan. Sejalan dengan itu kita juga akan semakin mengendalikan tingkah dan perilaku agar tetap mempertahankan kehormatan dan nama besar kita. Jika kita ceroboh dan mabuk kepayang dengan nama besar itu, kita bisa kehilangan muka, lantas dicemooh dan diremehkan. Lalu hal-hal besar yang telah kita lakukan justru akan menjadi peluru-peluru yang menghantam balik diri kita sendiri. Semakin terkenal seharusnya berarti semakin terkendali.

Pantas kalau Pak Tu-Ik ingin agar Korea Utara pun semakin terkenal dan semakin ikut serta dalam pergaulan dunia. Keberhasilan timnya menjebol pertahanan Brazil, merupakan sebagian dari langkah itu, dan kalau boleh langkah tersebut semakin disempurnakan dengan menekuk Portugal yang di atas kertas masih di bawah Brazil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s