BELANDA VS JEPANG

Bersahabat dengan alam

Ada anekdot: “Siapa pemenang antara Belanda vs. Jepang? Jawabnya: Indonesia. Karena Indonesia merdeka.” Memang kedua negara ini pernah menorehkan sejarah gelap bagi bangsa Indonesia. Tetapi kita bukan bangsa pendendam. Kita tetap perlu belajar dari keistimewaan yang mereka punyai. Negeri Belanda dikenal sebagai negeri kincir angin, yang memanfaatkan angin sebagai sumber tenaga untuk berbagai kepentingan. Jepang dikenal sebagai negara gempa yang pandai merancang bangunan yang tahan gempa. Kedua negara ini telah belajar untuk hidup dengan alam, bersahabat dengan alam, memanfaatkan tenaga alam tanpa merecoki alam.
Malam ini kedua tim dari kedua negara ini akan bertanding, dengan hanya menggunakan tenaga alam, kemampuan otot dan kecerdasan otak, bersinergi dalam tim yang akan menentukan siapa yang menjadi sahabat alam sejati. Tim Oranye akan memanfaatkan angin ribut untuk memporak-porandakan tim Samurai Biru. Tetapi Samurai Biru akan bertahan dengan struktur bangun dan strategi yang tahan goncang.
Siapa yang akan menang dalam pertandingan ini? Kincir angin memang ada di atas angin. Mereka tak pernah dikalahkan oleh samurai biru. Tetapi sejarah tidak selalu berulang. Sejarah terus berjalan menjadi arena peristiwa-peristiwa baru. Sejarah berjalan seperti air yang terus mengalir, pantha rei, kata Herakleitos. Wesley Sneijder vs Kesuke Honda akan menjadi penentu sejarah nanti. Jangan-jangan yang menebar angin malah menuai badai. Tim Samurai sedang sangat termotivasi untuk menoreh sejarah baru. Dapatkah Jepang menjadi tim Asia pertama yang menekuk Belanda?

Lepas dari siapa yang kalah siapa yang menang, kita juga sedang bertanding dengan nasib dan masa depan kita kita sendiri. Kita hanya bisa menang kalau kita bisa hidup ramah dengan alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s