JERMAN VS SERBIA: Memanfaatkan Kematian

Hidup menjadi berarti karena ada kematian. Kematian membuat orang merencanakan kehidupan. Orang tidak akan belajar, tidak akan berprestasi, tidak akan bekerja dan berusaha, jika tidak ada kematian. Semua bisa ditunda. Berkat kematian banyak hal-hal besar terjadi di bumi ini.
Jerman dan Serbia adalah klub yang sedang memanfaatkan kematian. Jerman bisa memanfaatkan bola-bola mati menjadi gol kehidupan. Serbia sedang diancam “kematian” dalam arti tidak lagi berpartisipasi dalam “kehidupan” dan semaraknya pertandingan di Piala Dunia ini. Maka ancaman kematian ini bisa mengerahkan seluruh daya dan kekuatan kehidupan.
Serbia memang lebih kuat dari Australia yang dikalahkan Jerman dengan skor telak 4-0, tetapi rasanya kurang realistis untuk mengharapkan bahwa Serbia mampu mengalahkan Jerman. Jerman punya target yang sangat jelas, membuat gol. Panser tidak perlu banyak bergerak yang penting adalah hasilnya. Bahkan dari bola-bola mati pun Jerman selalu punya peluang untuk menciptakan gol.
Sebaliknya bagi Serbia, kalah dari Jerman, di saat Ghana bisa mendapatkan sesuatu dari Australia, akan berarti selesailah kiprahnya di Piala Dunia Afrika Selatan. Kita berharap Marko Pantelic, yang sukses di Bundesliga sebelum bergabung dengan Ayax tahun lalu, dan tandemnya Nikola Zigic melakukan yang terbaik untuk mendobrak pertahanan panser; dan juga pertahanan Serbia sanggup membendung serbuan panser. Maka bukan tidak mungkin tim Antic yang hanya kemasukan satu gol dalam delapan pertandingan di putaran final zona Asia ini, membuat kejutan. Bagi Serbia ini adalah perjuangan melawan “kematian” alias “hidup mati”. Apakah Serbia dengan semangat hidupnya bisa benar-benar mematikan bola-bola mati Jerman?
Lepas dari siapa yang kalah dan siapa yang menang, yang jelas kita bisa belajar dari pertandingan ini: Memanfaatkan kematian untuk menciptakan kehidupan yang bermakna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s